Laman

Senin, 23 Januari 2012

Mancing duit pake duit.. UEDAN!

    Beberapa hal menjadi begitu miris bagi saya, mungkin juga bagi sebagian orang yang lain. Nganggur, sesuatu yang sangat tidak menyenangkan memang. Suatu keadaan yang tak diminta, sebuah profesi yang tidak direncanakan dan tak pula ada yang ingin menyandangnya, apalagi jika sudah berbulan-bulan bahkan berlarut-larut hingga tahunan.. (haduuh jangan sampe deh). Saya juga tengah mengalami 'krisis' ini. Dan betapa mirisnya ketika sudah hampir 7 bulan berkelana mencari kerja nyatanya pekerjaan tak juga saya peroleh, tapi apa yang saya dapat?? hanya fakta-fakta ‘lain’ yang akhirnya terungkap.

Maksud judulnya apaan No? cari duit pake duit??

    okeh.. Sebelumnya saya hanya ingin mengingatkan, tulisan ini hanya review dari apa yang pernah saya alami dan semoga bisa menjadi pelajaran bagi sodara-sodara saya yang sedang senasib sepenanggungan.. hehe
Ketika lulus sekolah menengah atas, apa yang akan kalian lakukan?? Mungkin bagi yang ekonomi orang tuanya ‘baik-baik saja’ alias bisa menyekolahkan anak nya hingga keperguruan tinggi kalian pasti ngga usah pusing-pusing mikir, “lulus sekolah ntar gue ngapain yak??”, atau  “gue mau cari kerja kemana yak???”. Lalu apa kabar anak-anak dari ekonomi keluarga menengah kebawah yang ketika sudah lulus sekolah bukannya seneng malah nambah banyak pikiran?? , untuk itu kali ini saya akan berbagi sedikit informasi kepada kalian sebagai bekal melewati masa-masa sulit ini. *halah*

   Merasa terusik dengan sebuah percakapan saya dengan seorang teman saat chatting beberapa hari yang lalu, saya jadi tergugah untuk menuliskan fakta ini…
rada sewot juga gue dibilang gitu...
Jaman sekarang cari duit harus pake duit cuy!, kaya jaman dulu aja… pasutri (pasangan suami-istri) yang rada susah punya anak harus ngangkat anak dulu buat ‘pancingan’. Bedanya anak pancingan tuh mitos kalo cari duit pake duit tuh FAKTA.

miriiis... Ngga akan percaya sebelum kamu mengalaminya sendiri.. untuk itu bagi yang sudah bekerja syukurilah apapun pekerjaan kamu selagi pekerjaan itu halal, dan seberat apapun atau sejenuh apapun kamu disana, jalanilah… saat ini mungkin itu yang terbaik untuk kamu.

Dan dalam postingan gue kali ini, sengaja nama-nama perusahaan yang tertera di komen-komen diatas ngga saya samarkan.. takut ini nanti cuma di bilang HOAX. saya tidak bermaksud untuk mencemarkan nama-nama baik perusahaan yang tertera disini. lagi pula saya yakin.. pihak-pihak CALO ini bisa bertindak demikian juga bukan atas kebijakan yang di tetapkan perusahaan yang bersangkutan, mungkin akal-akalan beberapa karyawan tetapnya (pihak dalam) saja. Dan tidak menutup kemungkinan mereka (pemilik perusahaan) juga tidak atau belum mengetahui ada 'kecurangan' proses perekrutan semacam ini.

    Untuk yang baru lulus SMA/SMK dan ingin bekerja di bidang perindustrian tanpa mempunyai bekal pengalaman tentunya, pasti acara cari kerja menjadi serba abu-abu, bingung cara nya dimana, harus kemana, apa yg harus di kirim,  bahkan bingung juga cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar seperti apa..

kali ini saya akan memberikan sedikit petunjuk untuk kalian :D
  1. Gabung sama temen-temen yang satu tujuan (sama-sama ingin mencari kerja di bidang yang sama)
  2. Lengkapi Persyaratan seperti (KTP, Kartu Tanda Pencari Kerja (biasa disebut juga 'kartu kuning'), SKCK ( Surat Keterangan Catatan kepolisian), Curicullum vitae (Daftar Riwayat Hidup), Surat Keterangan Dokter  dan yang lainnya.
  3. jika kalian baru lulus lebih baik mengikuti kursus-kursus program keahlian yg lain, seperti bahasa inggris atau komputer. (sertifikatnya akan sangan membantu untuk mendapatkan posisi yang lebih baik) 
  4. cari informasi sebanyak-banyaknya melalui koran atau media informasi yang lainnya
  5. ikut acara JOB FAIR di kota kamu!, atau
  6. Gabung di Group-Group khusus untuk pencari kerja, seperti di bawah ini
salah satu group pencari kerja di Facebook

anggota yang bakal siap saling bantu bertukar informasi
CONTOH INFORMASI YANG AKAN KITA DAPAT DI GROUP INI
    
Dan dari grup itu pulalah saya akhirnya menyadari bahwa yang selama ini saya sangkal ternyata banyak yang pernah mengalami, yaitu praktek PERCALOAN, JAMAN EDAN NYARI KERJAAN AJA ADA CALONYA!!!. 

     Akibat maraknya Outsourching di negara ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan jasa outsourching semacam ini dan menjamurlah dia dimana-mana, lalu apa itu outsourching??  

  1. Outsourcing berasal dari kata out yang berarti keluar dan source yang berarti sumber.
  2. Menurut Pasal 64 UUK, outsourcing adalah suatu perjanjian kerja yang dibuat antara pengusaha dengan tenaga kerja, dimana perusahaan tersebut dapat menyerahkan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lainnya melalui perjanjian pemborongan pekerjaan yang dibuat secara tertulis.
  3. Menurut Pasal 1601 b KUH Perdata, outsoucing disamakan dengan perjanjian pemborongan pekerjaan. Sehingga pengertian outsourcing adalah suatu perjanjian dimana pemborong mengikat diri untuk membuat suatu kerja tertentu bagi pihak lain yang memborongkan dengan menerima bayaran tertentu dan pihak yang lain yang memborongkan mengikatkan diri untuk memborongkan pekerjaan kepada pihak pemborong dengan bayaran tertentu.


   Lalu apa bedanya dengan yayasan yang kita kenal selama ini?? saya juga ngga tau persis perbedaannya dimana, yang jelas keduannya bertujuan sama, yaitu menyalurkan calon tenaga kerja ke perusahaan yang membutuhkan dan yang bekerjasama/menggunakan jasa mereka. 
    Mirisnya perekrutan ini lama kelamaan menjadi ajang penipuan yang berkedok yayasan, terkadang mereka melakukan sebuah tes untuk perekrutan karyawan di sebuah perusahaan yang terkenal bonafit dengan biaya pendaftaran berkisar antara 25-50 ribu rupiah/orang. lantas berduyung-duyung para pengangguran seperti saya ini begitu semangat mengantri untuk mendaftar, namun apa mau dikata sesudah berminggu-minggu setelah mengikuti tes tak ada kejelasan lagi tentang siapa saja yang lulus dan alasan mengapa kita tak mendapatkan kabar lagi pun tidak jelas, ketika di datangi lokasi letak yayasan tersebut mereka tak memberi jawaban pasti. lepas begitu saja tanggung jawab mereka. Dan tak ada yang berani menuntut apapun. kami ini hanya lulusan SMA yang tidak begitu mengenal hukum.. lagi pula apa artinya hukum di dunia yang edan ini...???

   Tak jauh beda, banyak teman-teman saya yang juga bekerja di bawah pihak outsourching, gaji di potong tiap bulannya, banyak pula yang mengaku pemotongan gaji tidak trasparan sesuai perjanjian.

   Lain halnya dengan yayasan dan outsourcing, ada pula perekrutan karyawan yang melewati pihak BKK (Badan Kerja Khusus) yang dikelola oleh pihak sekolah, dimana BKK inilah yang akan membantu para siswa/i lulusan sekolah mereka untuk mendapatkan pekerjaan, namun dewasa ini BKK tidak hanya di khususkan bagi siswa/i lulusan sekolahnya saja melainkan orang luarpun di perkenankan mendaftar sebagai anggota dengan biaya administrasi tentunya. mirisnya, kadang di beberapa BKK yang pernah saya datangi mereka meminta uang jasa/ biaya ADM yang tidak sedikit. biasanya jika para calon karyawan yang sudah lolos seleksi penerimaan karyawan akan dimintai ADM sebesar (Rp. 500.000 s/d Rp. 1.500.000 bahkan lebih) dimuka sebelum menandatangani kontrak kerja.  
    Apa-apaan ini.. kita cari kerja karena kita tidak punya uang! tapi kenapa proses penerimaan karyawan seperti ini???miris!!!
    Tunggu dulu kawan.. belum selesai sampai disini, mau tau yang lebih miris lagi?? ada banyak CALO yg berkeliaran di sekitar kita, bukaaan bukan calo tiket ini mah...

  Diantara para calo ini ialah karyawan-karyawan tetap dari beberapa Perusahaan bonafit yang terkenal kesejahteraannya dan nominal gaji perbulan yang tidak sedikit, mereka menggunakan kesempatan untuk merekomendasikan calon karyawan yang mereka miliki, namun bukannya ikhlas menolong kami yang masih menganggur, mereka malah menggunakan kesempatan itu untuk meraup untung sebanyak-banyaknya, jadi jangan heran ketika ada yang menawari kalian pekerjaan dengan meminta imbalan uang sebesar 2,5jt s/d 3jt DIMUKA!.. *geleng-geleng* , mirisnya banyak calon tenaga kerja yg nekat melalui jalan ini, karena jaman sekarang perusahaan-perusahaan sudah semakin selektif memilih karyawan. Entah itu berdasarkan kekerabatan, umur, sampai tinggi badan. tidak percaya?? coba lihat bukti di bawah ini :


dan masih banyak contoh yang lainnya... T_T
   
     Namun walaupun begitu jangan menyerah kawan.. Saya yakin, orang jujur dan baik hati didunia ini masih banyak walau mungkin masih kalah banyak sama yang bersifat sebaliknya… 

yang pasti jangan lupa untuk terus berikhtiar,  jangan menyerah dan teruslah berusaha... cari teman sebanyak-banyaknya karena akan semakin mudah dalam mendapatkan informasi...


berjuang terus..!!! SEMANGAT KARENA ALLAH!!! ALLAHU AKBAR!!!

45 komentar:

tavitataa mengatakan...

wah, aku ngebacanya rada puyeng. kurang ngerti dikit, tapi paling nggak dapet pencerahan gimana kalo nanti lulus sekolah :))

makasih loh, kak enno. tanpa sengaja udah ngasih bocoran gimana buat kedepannya nanti, hehe :D

rusydi hikmawan mengatakan...

memang untuk masa depan semua harus disiapin. kalo gak punya sesuatu yg dapet 'dijual' ya ujung2 mesti pake duit. ya bukan buat nyogok. ayoo kita pasti bisa

suci nabbila mengatakan...

serem aja -___- setuju sih, sama @rusydi diantara beribu pelamar kerja itu tentu kita harus punya sesuatu yang mampu ngebuat nama kita 'membekas'--mau bakatkah, intelegensiakah, atau duitkah. tapi menurut gue ga ada yang bisa ngalahin doa dan usaha yang keras sih. ayo semangat! Tuhan pasti memberikan yang terbaik untuk kita--walau terkadang itu bukan yang kita inginkan :)

Nona Enno mengatakan...

@tavitataa

hihihi iya kamu masih sekolah sih nak/ *freepukpuk* beajar yang giat yah.. hhohoho agar jadi anak yg berguna bagi nusa dan bangsa.. :D

Nona Enno mengatakan...

@rusydi hikmawan

betul bgt itu.. apalagi sekarang peluang lebih sedikit dibanding yg nyari.. semakin kesini semakin banyak saingan dan semakin banyak cara-cara 'kotor'

belajar sebaik-baiknya agar dihargai dan di cari banyak orang yg membutuhkan :D

Nona Enno mengatakan...

@suci nabbila
iya bener... jangan sampe terjebak disuatu kondisi dimana kita tdk mampu mengelak dari ketidak adilan dan ketimpangan sosial ini... :)

Teguh Budi Santoso mengatakan...

Kita emang senasib sepenanggungan ya wkwkwkwkwk dari mei sampai sekarang ku juga masih anak pesantren(pengangguran, santai tp keren) :). Banyak memang orang yang nawarin kerja tp pake bayar dimuka.
Kalau ga mau bayar di muka/pake calo, harus ikut yayasan,outsourcing atau bkk. Itu juga bayar uang administrasi sbg member (padhal ga setiap ada loker kita dikabari),uang buat bayar psikotest, ada yang pake bayar buat tes medical ada yang enggak. Nanti kalau diterima sama ptnya kita disuruh bayar uang balas jasa ke BKKnya.Ada juga yang menahan ijazah kita. Kirim lamaran langsung ke PT, jarang PT membuka lamaran buat lulusan smk/sma pake kirim lamaran langsung ke PT.
Boleh tuh ikut join ke grup itu

Nona Enno mengatakan...

@Teguh Budi Santoso

wahahahaha nah itu.. kaga bisa santai lagi ini udah deket bayar kuliah.. hahaha :P

moga kita cepet dapet gawe je..
terimakasih tulisan saya di lengkapi dengan komen kamu.. biar yg awam ngga bingung bacanya hahahaha :P

tengkyuuuu :D

Eva Dina Lathifah mengatakan...

jangan marah ya kak, cuma mau komen aja sesuai pola pikir sy :)

kenapa kakak nggak kerja sama aja sama temen2 kakak, misalnya bikin usaha apaa gitu...
kakak bikin lapangan pekerjaan, bukan cari kerja..
jadi pengusaha gitu kak :)

kakak sy masih semester 7..
tanpa modal yg banyak, skrg kakak saya sudah jadi direktur untuk tempat bimbingan belajar yg di kelola sendiri..
alhamdulillah baru 1 tahun berdiri, skrg bimbel ini sudah maju kak..
bener2 mulai dari 0..
karna usaha yg di rintis itu, kakak sy jadi trainer motivasi di daerah sini..
ini web kakak saya :
www.myzet.tk

coba kakak liat ini juga :
http://ayambakarmasmono.wordpress.com/
bener2 menginspirasi sy utk membuka usaha juga :D

jgn marah karena komen sy ini yaa kak..
maaf :)

Ratnawati Utami mengatakan...

kamu blognya lucu, unik, isinya menarik. ada IDblognetworknya.

kadang pancingan gak harus ke calo, membantu orang lain, semampunya saja. bisa juga dengan bantuan fisik. minta pada Allah.

aku dulu pernah waktu stres berat relaksasi dengan buku quantum ikhlas, supaya gak tegang. ujung2nya malah muncul banyak ilham tulisan. jadinya banyak nulis tentang spiritual, dan Alhamdulillah semua dimudahkan.

banyak2 sedekah, baik perbuatan, barang atau uang. shalat dhuha, shalat tahajjud. semoga semua lancar yaaa

Allahu Akbar!!!

Nona Enno mengatakan...

@Eva Dina Lathifah

jiahahahaha gpp...dyn masa marah ci... makasih byk loh udah di komen n dikasih saran plus link yg bermanfaat...
kadang ngga semua orang punya kesempatan yg sama dyn.. banyak keterbatasan.. bukannya ngga mau buka usaha.. aq juga pernah koq bikin usaha sama temen 2 tapi disini ngga kaya di daerah2 kecil yg penduduknya ngga sepadet ini.. banyak saingan dan persaingan harga yg nngga masuk akal...

kita juga lagi cari ide sambil nyari kerja dan itu juga buat modal awal.. bikin usaha ngga mungkin minta duit ortu.. buat makan aja istilahnya udah ngepas bgt hehe
tapi semoga Allah memberikan kemudahan buat kami.. :D
AMIIN

Nona Enno mengatakan...

@Ratnawati Utami
makasii mba... :D

nah itu maksud tulisan aku mba.. jangan pake calo...

hohoho
terus berjuang di jalan yang di ridhoi...

semangaaat ^_^

NUYA TOURS mengatakan...

Jangan mudah menyerah, karena hidup selalu melalui proses. Dan masih banyak jalan untuk menuju keberhasilan. Salam perkenalan. Sukses selalu.

Nona Enno mengatakan...

@NUYA TOURS iyaa... siip...


terimakasih.. :D salam kenal juga :D

naspard mengatakan...

wedew, dunia kerja kejem banget yak. sory maklum masi masa pelajar tapi udah banyak juga sih yang ngajukan aku jadi karyawan situ tapi ya gitu embel" nya kerja keras entah situ dapet uang berapa sini dapet dikit doank #miris , tapi ada beasiswanya juga cuman ya keambil sama jam kerja yang ngasih gua kerjaan #miris lagi

semoga aja dah entar lulus ambil start tepat terus bikin tempat yang bisa nampung SDA hingga generasi seterusnya

Semoga dapet kerja yang tepat dan barokah yak neng

Feby Oktarista Andriawan mengatakan...

Haha.. nyindri calo, gokil.. jadi polisi aja sekarang harus bayar.. Banyak oknum2 gak bertanggung jawab sih jaman skrg.. :D

Ario Antoko mengatakan...

aku suka sikap kritis Enno, cari kerja krn butuh duit, kok malah dipalak duluan :(

Nona Enno mengatakan...

@naspard

amiin...

kalo ada kesempatan bagus sikat aja yg penting halal, gpp berakit2 kehulu berenang-renang ketepian, yg pasti jgn mpe kejebak sama knum2 tak berperi kemanusiaan ky yg diatas itu.. hahaha

Nona Enno mengatakan...

@Feby Oktarista Andriawan

bener tu bang.. jadi dokter byk yg lewat jalur ky gtu juga.. makanya banyak mal praktek haha, jd polisi, jadi pegawai negri,, udah ngga heran deh bang.. innalillahi aja deh

Nona Enno mengatakan...

@Ario Antoko

makasih mas.. dari SD dibilang kritis sama guru saya sampe sebesar ini saya ngga tau apa arti kata kritis sesungguhnya.. huehehe..

begitu lah mas jaman sekarang... :(

Retno Dwi Lestari mengatakan...

Wah.. super..
Dapat pelajaran dari ini.. sekarang memang zamannya begitu, tapi masih ada yang tidak, jadi tetap berusaha sebaik mungkin, biar berkah..

rizki_ris mengatakan...

Hmm bukan cari pekerjaan aja yang banyak calonya, masuk perguruan tinggi juga calonya seabrek sobat
Dulu bapakku pernah ditawarin gitu sama calo waktu aku test masuk perguruan tinggi, tapi bapakku nolak karena bapakku percaya akan kemampuannku
Terima kasih udah mampir ke blogku sobat

Leiny Nadiraa (deedee) mengatakan...

serem yaa dunia kerja zaman sekarang, gigit jari dah jadinya sebagai anak sma yg baru aja mo tamat.

jadi mikir buat buka usaha sendiri aja, trus buat usaha jujur daripada ikutan yg kaya gini =.='

salam kenal, mbak enno :)

sanman mengatakan...

Jangan mudah menyerah, karena hidup selalu melalui proses. Dan masih banyak jalan untuk menuju keberhasilan. Salam perkenalan. Sukses selalu.

soal idblognetwork, hati2 aja.
karena menurut pengakuan beberapa blogger, mereka sering tidak membayar dengan berbagai alasan.

Nona Enno mengatakan...

@Retno Dwi Lestari

AMIIN... :D

iya say.. bener baget itu.. semangkaaaa...!!! ^_^

Nona Enno mengatakan...

@rizki_ris

sama-sama ris..

hohoho jangankan perguruann tinggi, SMA aja banyak calonya.. istilahnya 'beli bangku' gitu.. hohoho edan bgt yah...

Nona Enno mengatakan...

@Leiny Nadiraa (deedee)

iya bagus tuh.. bikin usaha sendiri, buka lowker buat teman2 kita yg belum punya penghasilan.. :D

jangan patah arang sayang.. salam kenal jg yah :D

Nona Enno mengatakan...

@sanman

iyaaah.. semangat semangat semngat..!!! semangkaaaaa!!!


soal idblognetwork itu cuma iseng2 aja koq ka... :D kalo ada iklannya biar lucu aja blognya jd makin warna-warni.. hhohoho

Dokter Gigi Gaul mengatakan...

kalo mancing duit mungkin emang pasnya pake duit. tapi kayaknya mancing apapun juga harus pake duit. duit memutar dunia. duit mengatur segalanya :(

Saya doain cepet dapet permanent job deh Non. biar tar bisa mancing lebih banyak duit..

PS:kalo dah kaya jangan lupa DokterGigiGalau ya.. aamiin

Nona Enno mengatakan...

@Dokter Gigi Gaul

amin.. amin ya Allah.. :D

Insya Allah hari Rabu ini ttd kontrak n dapet seragam Dok.. semoga lancar.. :D
amin

Ps: hihihi Insya Allah.. inget terus sama Oom dok haha

Penghuni 60 mengatakan...

cari yg bener aja deh... msh byk kok perusahaan yg bener. asal kita gak mudah menyerah.

NinjaDiary mengatakan...

hahahaha
kayak dagang aja cari duit harus modal duit. Biaya adm aja 500ribu, kaya tuh tukang administrasinya :D

Nona Enno mengatakan...

@Penghuni 60

betul betul :D

Nona Enno mengatakan...

@NinjaDiary

emang dagang... dagang penderitaan org.. dagang kesempatan yg harusnya bisa di dapat dengan GRATIS!!

hehehehe
kaya bgt kali ya... entahlah

Inggit Inggit Semut mengatakan...

iya tuh tetangga aku jg ada yg nyogok buat jadi PNS. aduuuuuh miris banget ya mbak. jaman sekarang aja udh kaya gitu, gimana ntar pas jamannya aku mau cari kerja? huhuhuh bakalan susah.

Ady Blink mengatakan...

Wah betul tuh, sedangkan yang negeri aja butuh duit apa lagi suasta! memang dunia!

Rohis Facebook mengatakan...

tulisanx panjang banget yaa... *smile

Nona Enno mengatakan...

@Ady Blink

iyah syalala.. hehehe sabar.. :D

Nona Enno mengatakan...

@Inggit Inggit Semut

waduuh.. emang iya yah.. apalagi jd PNS bisa nyogok puluhan juta..


inggit belajarnya yg rajin, nanti kalo pinter kerjaan yg nyari kamu.. hohoho :D oke oke sayang?? semangat..!!

Nona Enno mengatakan...

@Rohis Facebook

iya agak panjang memang.. hehehe

dibaca ngga?? -___-

EYSurbakti mengatakan...

beh .. info nya bermanfaat..
maklum gue juga dah mau lulus D3 nih, buta banget kedepannya mau gimana .. setidaknya lewat post ini, gue dapet gambaran bahwa dunia kerja emang kaya hutan rimba .. yang kalo gak hati-hati bisa rugi dan diterkam ama binatang buas (orang-orang gak bertanggungjawab yang memanfaatkan kesulitan orang sebagai lahan nyari untung) agak kesel juga ngeliat orang2 yang mintain duit dari pencari kerja yang sangat berharap pekerjaan ..
salam kenal deh
EYSurbakti
folbeck ya (www.yyireh.blogspot.com)
silaturahmi terus .. hehehe

EYSurbakti mengatakan...

keep posting :D

Nona Enno mengatakan...

@EYSurbakti

makasiih ya.. udah di folbek hehehe mari pererat tali silaturahmi :D

apappun yg terjadi tetep semangat yah :D

EYSurbakti mengatakan...

sip .. :)

Padang Hotel mengatakan...

Walah mba kalau baru nau mulai nyari duit aja musti bayar pake duit ya bukan nyari kerja itu mah namanya hehehe,,yang kayak gitu- gitu musti sdikit- sedikit disingkirkan dri pribadi kita,,,sukses terus sist :)

Thanks for like this :)