Laman

Minggu, 09 Oktober 2011

PresentaSHIT vs presentaSWEET

Photobucket        Mulai kuliah lagi.. itu berarti harus siap dengan banyak tugas dan sebenernya ngga masalah sih bagi gua, cuma yang ngga gua suka itu kalo ngasih tugasnya berkelompok! Iya.. berkelompok! Apalagi kalo kelompoknya dipilihin ama Dosennya, haduuuh… berabe dah.
Kaya sekarang ini nih.. beberapa mata kuliah tugasnya berkelompok dan Nilai dari tugas itu ternyata buat nilai UAS!! *kalong!!*
Mhm.. kalo bisa milih mending individu aja dah tugasnya.. ngga nimbulin banyak konflik, ngga ribet buat nyusun strategi, ngga repot bagi-bagi tugas, ngga repot ngatur jadwal ketemuan, ngga pusing juga mikir tema trus diributin!, ngga bunuh-bunuhan *loh??*hahaha Yang terakhir itu ngarang *sumpah*. 

Apalagi kalo satu kelompok sama orang yang terkenal suka cari masalah sama temen yang laen dikelas. Hahaha
TAMAT RIWAYAT GUA!
Photobucket
Kenapa si gua segitu ngga bersemangatnya kalo dapet tugas berkelompok??
    Photobucket
  1. Ngga suka kalo anggotanya dipilihin Dosen, kenapa?? Blom tentu gua kenal ama orang-orangnya, ngga ngerti juga kemampuan masing-masing dari mereka kaya gimana, sifatnya kaya apa.. jangan-jangan kalo pas ngumpul buat ngerjain tugas trus gua salah ngomong, nanti gua kena gampar.. hahaha bahaya kan tuh.. beda ceritanya kalo kebetulan harus satu kelompok dengan sii brilian dikelas, mungkin bakal jadi presentasweet karena ngga terlalu pusing mikir strategi dan tema yang bagus. Tapi ya seperti yang gua bilang tadi, kalo sekelompok ama temen yang ngga begitu kita kenal dengan baik, maka akan cukup sulit untuk ngejalin kerjasama yang baiknya juga.
  2. Bingung milih tema karena terlalu banyak kepala. Berhubung kampus gua murahan laku jadi satu kelas bisa sampe 100 orang, alhasil setiap di buat kelompok pasti cuma di bagi 10 kelompok dan masing-masing kelompok pastinya berisi 10 orang. Bayangin kalo pas ngumpul ngerembukin tugas kaya gimana?? Sepuluh kepala dengan isi yang beragam dengan sepuluh mulut dengan suara beragam pula! Hadeeeeh -___- bisa cepet ketemu tema bisa juga mpe besoknya masih ngeributin tema.
  3. Ribet ketemuannya. Kita semua kan kebanyakan kerja.. Hari liburnya beda-beda, niat nya juga beda-beda. ngumpul di kampus juga bakal kemaleman, jadi mau ngga mau ngerjainnya harus di hari libur. ada yang kalo diajak ngumpul reaksinya cepet, ada yang reaksinya pura-pura ngga tau, ada yang ngga mau ketinggalan lemburan jadi ngga pernah ngumpul, ada yang sibuk pacaran. Huft.. ngga kelar-kelar dah tugasnya. Karena mikirin kepentingan banyak orang dan bersikap ngga egois itu SULIT !
  4. Gara-gara kebanyakan anggota, pemanfaatan waktu jadi ngga efisien. Kalo ada tugas berkelompok dan sengaja ngga dipilih ketuanya karena ngga  ada yang berani bertanggung jawab,  alhasil ngga ada yang ngontrol perkembangan tugasnya gimana, sedangkan waktu cepet berjalan dan pengerjaan tugas akhirnya jadi ngga maksimal. Lain cerita kalo tiap kelompok ada ketuanya, itu bisa meminimalisir perbedaan pendapat karena udah sewajarnya didalam sebuah kelompok harus ada yang tugasnya memutuskan. Tapi kalo ngga ada kaya gini nih.., bikin perbedaan pendapat jadi ajang buat ribut. Karena kadang masing-masing dari mereka merasa tidak dihargai pendapatnya, merasa pendapatnya paling bagus, paling benar, ngga sedikit juga yang kadang merasa kecil sehingga merasa tidak didengarkan suaranya. Memanage kelompok itu ngga gampang tapi ngga terlalu sulit juga, tinggal kelompok memilih siapa yang dinilai mampu dan ikhlas mau dengan senang hati melakukannya.
  5. INTINYA KERJASAMA. Kalo niatnya baik pasti ujungnya baik koq.. semoga. Jangan sampe ada anggota yang mau terima beresnya aja, gapapa sii kalo ngasih duit yang banyak buat biaya pengeprinan dan segala macem, jadi yang tugas nya udah meres otak jangan sampe direpotin ama biaya lagi, kasian. Intinya ketika tugas udah dibagi-bagi masing-masing anggota harus bener-bener bertanggung jawab ama tugas yang jadi tanggung jawabnya itu.. jangan bersikap masa bodo.. lo mau nilai bagus ngga?? Kalo mau kerja keras dong!. Hahah *sok bet oye*. 
Photobucket
    KIRA-KIRA PRESENTASI GUE SEMESTER INI
    BAKAL JADI presentaSHIT apa presentaSWEET eeaaa??

    gambar-gambar diatas dapet dari, sini, sini dan disini
    (dengan sedikit editan)

    54 komentar:

    Sofyan mengatakan...

    hehehe,,kalau saya malah senang berkelompok karena enak bisa sharing

    Salam....

    Annesya mengatakan...

    memang begitu. pengalaman buruk saya ada di sini http://whentheheartchimes.blogspot.com/2011/08/am-i-slut-ketika-seseorang-mengatai.html
    saran saya enno thd anak yg nyebelin:
    1. tetap tegas, gunakan pengalamanmu sebagai ketua kelompok waktu kerja ke kelompokmu
    2. teror mereka yang ga mengerjakan tugas. teror terus sampai mereka nyerah dan segera memenuhi kewajiban mereka
    3. mereka yg mematikan semua akses hubungannya denganmu, berarti berniat meninggalkan tugas, hilangkan saja namanya dari daftar kelompok di paper tugas

    selamat mencoba... syalalala :DD

    Reza Pahlevi Lampoh mengatakan...

    saya juga sekarang mendapatkan tugas kelompok juga di kuliah, setres juga apalagi presentasikan tugasnya aku sendiri yang buat, yang lain tak peduli -_- biarlah Tuhan yang balas pasrah sama keadaan saja hahaha

    Naya Elbetawi mengatakan...

    nay bantu doa aje, moga tugasnye kelar dengan baik, Aamiin :)

    Ikbal Rizki mengatakan...

    ada enaknya dan ada pula ngga enaknyanya.. hehe

    Just Nanda... mengatakan...

    Ngutip dari bang deddy acara hitam putih...

    "Come together is beginning... Still together is a procces... Working together is a way to success..."

    kalo gak salah sih itu...
    hihihihi...

    Saiaenno mengatakan...

    @sofyan: ia sih.. kalo di pikul bersama bakal terasa lebih mudah
    @Annesya: super sekali.. :) nanaanana
    @Reza: tabahkan hatimu nak.. :) doaku menyertaimu amin.. *loh*
    @Naya belo: Amin... :)
    @ikbal: setuju.. ^^
    @Nanda: hohoho siiiiip.. :)

    Nelva Amelia mengatakan...

    sama, bukan maksudnya kita pilih2 teman, tapi emang akan jauh lebih enak kalau kita sekelompok sama teman2 yg udah kita kenal kan, pasti hasil kerjanya bisa lebih maksimal.

    arr rian mengatakan...

    susah sih kalo sudah ditentukan oleh dosen. kalo saya akan bersikap profesional. nunjukin, akkhirnya yang lain juga akan bisa agitu.

    Mr. Ubul mengatakan...

    Yah pendapat dan selera kan beda-beda ya... and gak ada yang salah dengan yang suka atau yang tidak suka dengan kerja kelompok...

    Tapi sepengalaman saya dan memang pengalaman banyak orang2 juga, memang kalau kita sudah berada di dunia pekerjaan, yang namanya kerja kelompok itu 99% dibutuhkan. Dan 1% nya adalah kerja individual. Dan bagi yang gak suka sebagai team work, biasanya akan susah buat mendapatkan solusi jika ada masalah. Yang pada intinya, dalam kerja kelompok lah kita belajar manajemen organisasi, belajar menghadapi orang yang berbeda pendapat, belajar mengemukakan argumentasi, belajar bersosialisasi, belajar memimpin dan dipimpin, belajar memanaj waktu dengan orang yang berbeda aktivitas, belajar segala hal yang tentunya segala yang kita dapat dalam pelajaran itu, 99% akan kita aplikasikan kelak ketika kita sudah terjun di lapangan (dunia pekerjaan, Red) terlepas mau jadi karyawan atau wirausaha, kerja kelompok itu akan tetap dibutuhkan.... Karena yang namanya kerja, pasti membutuhkan yang namanya relasi
    Maaf kepanjangan, cuma ngasih saran aja... semoga menambah manfaat dari blog ini...
    have nice Day..

    Saiaenno mengatakan...

    @nelva: betul itu :)
    @arrian: iya susah.. :P
    @ubul: hahaha kalo kerja dapet duit mah emang harus... tapikan ini cuma kuliah beda cakupannya.. saya ngga lagi ngebahas soal kerjaan ya.. :)

    Syifa Azz mengatakan...

    presentasweet tentunya donk ah xD
    eh ya baca ini juga deh. menurutmu gimana? http://bermimpimeraihsukses.blogspot.com/2011/05/tugas-kelompok-benarkah.html

    uchank mengatakan...

    IYa sih saya juga gak sauka dipilihin kelompoknya sama dosen...
    bukan karena gak begitu kenal sama yang dipilihinnya ..tapi bosan aja kelompok itu2 mulu..wkakwka
    sekali2 enak kalo sama temen yang lain. biar bisa mempelajari karakter tiap orang lebih deket lagi.

    Btw saya suka deh kalau blog nona enno tulisannya kayak gini fontnya..
    lebih enak dibaca :)
    yang dulu kekecilan :D dan terlalu dempet.
    Keren2 :)
    Semoga jadi presentasweet~

    Mr. Ubul mengatakan...

    Replay : hahaha kalo kerja dapet duit mah emang harus... tapikan ini cuma kuliah beda cakupannya.. saya ngga lagi ngebahas soal kerjaan ya.. :)
    _________

    Emang betul mbak, saya kan cuma menyampaikan salah satu contoh aja pentingnya kerja kelompok, dan contohnya adalah buat dunia pekerjaan. Mbak ingin kerja dapet duit kan? Nah berarti kerja nya harus betul. Kalo mau betul ya harus tahu cara kerja nya toh. Dan caranya sungguh kita pelajari di dunia perkuliahan itu, jadi jangan liat dulu cakupan saat itu, tapi lihat juga cakupan kedepannya.
    kalau dilihat nya cuma saat itu aja, ya beda cakupan memang, tapi asas dan tujuan sama mbak!
    Jadi benang merahnya, kita kuliah itu bukan cuma belajar materi perkuliahan, tapi juga belajar sikap! Mahasiswa kan bukan lagi siswa ya mbak.
    Sip kunjungan baliknya, sering2 ya kita saling berkunjung...

    Chilfia Karunianty mengatakan...

    aku malah suka kalau kelompok yang milih tuh dosen. nah, yang gak suka itu kalau pas lagi kelompok yang milih terserah mahasiswanya. soalnya mereka pasti milih-milih temen kelompok yang pinter-pinter dan sepergaulannya sehari-hari. hal itu bener-bener bikin ngak efektif belajarnya.

    Akmal Fahrurizal mengatakan...

    kalo kerja kelompok itu paling ga sukanya pas cuma kita sendiri aja yang bikin tugasnya. Dari mulai nyari masalah, ngerumusin masalah, ngolah data. Gw sendiri aja yg bikin, temen kelompok yang lain malah enak2 aja ga mikir apa2. Tapi pas dapet nilainya malah kita yg lebih kecil dari mereka. Itu sesek banget. Pengalaman. :(

    Saiaenno mengatakan...

    @syifa : ke TKP :)
    @uchank : hohoho yayaya... alhamdulillah ada yang suka template barunya.. :)
    @Mr. bul: ribet yah.. saya ngerti koq apa yang anda maksud.. makanya baca tulisan saya sampai selesai.. memang diawal saya mengatakan tidak suka jika ada tugas kelompok, bukan berarti saya tidak bisa dan tidak mengerti sama sekali adab dan tata cara serta manfaat dari kerja kelompok itu sendiri. saya juga sudah 3 tahun bekerja dan menjabat sebagai Group leader disana jadi saya paham betul apa yang coba anda sampaikan terhadap saya, dan terima kasih atas saran anda
    @chilfia: ngga masalah kalo yg pinter gabung ama yg pinter karena memang lebih efektif, makanya mending kerja individu ketimbang sekelompok tapi yang kerja cuma satu orang aja.. :P
    @Akmal: pengalaman seperti itu yg saya takutkan.. :( huhu yang sabar ya.. :)

    Claude C Kenni mengatakan...

    Kalo udah ribet kayak gitu, biasanya gua lebih milih kerjain semuanya sendiri...hehehe

    Saiaenno mengatakan...

    @kenni: gila aja.. masa dari nyusun makalah mpe bikin slide presentasi gua semua? strees.. males gua mah, gue lebih milih sarannya annesya gua terror atu-atu temen gua yang mau enaknya doang wkwkwk *sadis*
    yang namanya kerja kelompok harusnya kerjain bareng-bareng dong.. nah buat yang belom sadar ama tugasnya harus ada yg ngebangunin.. hahahah

    pri crimbun mengatakan...

    ia mbak setuju teror aja teman-temannya :D

    Fiction's World mengatakan...

    klo aku sih biasanya kelompok sesuai absen, hadeuh itu-itu lagi bosen pisan, mending kalau itu-itu laginya rajin nah kalau pemales, pengen nyebur ke laut ==a

    kalau aku sih kerja kelompok jarang ketemu, orangnya pada pulkam semua, jadi disiasatin, dibagi materinya, tentuin deadline dan kirim via e-mail, tinggal edit dan print gitu, jadi setiap orang punya tanggung jawab, yang gg ngerjain ? gg usah ditulis jadi anggota kelompok :D

    Kurtnia mengatakan...

    wahhh,,, terkadang persentasi itu enak - seru!! bisa berdebat,, tetapi terkadang juga ... -___-"

    Saiaenno mengatakan...

    @pri: wah ngomporiiin.. :P
    @tiara: pengennya cii gitu.. tapi anak2nya susah ra.. tu yg pengen gue sampein dari tulisan ini.. walopun jarang ketemu intinya harus sadar kewajiban masing2 gitu.. jgn ngandelin orang ya ga?? hahha
    @kurtnia: iiaa siii.. hohoho betul itu.. :P

    Sultan Kata Isnainsyah mengatakan...

    ahahaha nice post! jadi serm ni kasih komennya, udah di warning duluan hehe. aku suka ceritanya, tapi tetap semangat ya. The Lucky will always be with you ^^. anyway baca postingan ane yak. ceritanya ada Pria pertama berdandan rapi dengan kemeja dan sepatu ternama, pria kedua hanya mengenakan kaos. Mana yang bakal keterima kerja duluan? Nyok baca postingan ane ttg ini di http://bit.ly/lamker , jangan lupa komen2nya juga ya. Thanks :))

    ||KursiBangku|| mengatakan...

    berikan tepokan kaki yang meriah buat mba enno... *gubrak.. gubrakk.. gubrakk.... anjrot kemarin gw nyari buku sendiri kaya org kena suntik tetelo mba... #semangat lah mba, yang susah, tinggalin!!! kejm oh kejam... #bodo dah.. hahaha

    Adamssein mengatakan...

    Mesti tetep semangat, toh kuliah juga kewajiban qta sbagai pencari ilmu, akhirnya nanti qta juga bza siap buat kerjaan apalagi yg namanya resiko enggak bza dihindari. Percayalah

    Yuk kejar cita-cita qta, sebelum semua cuma jadi khayalan krna sgala sesuatu perlu yg namanya perjuangan en pengorbanan.


    Muhammad Adam Hussein

    Laman Baca Kita mengatakan...

    Blog yang simpel tapi unik dan menarik, artikelnya pun imajinatif tapi tetap informatif... saling berkunjung ya :P dan mengajak bertukar link :D

    Saiaenno mengatakan...

    @Sultan: makasii atas kunjungannya..saya pasti berkunjung balik.. :)
    @riri: tabahkan hatimu de.. :P iya nanti kita tinggalkan saja mereka hahay
    @Adamsein: yuuk semangaat :D
    @laman baca kita: terimakasiiih ya kunjungannya.. mari bertukar link.. :)

    Alris mengatakan...

    Belajar berkelompok mengajar kita untuk saling menghormati, mementingkan kepentingan bersama daripada ego diri sendiri. Kalo Enno udah kerja nanti terasa betapa berkelompok itu butuh pengorbanan. Salam.

    Saiaenno mengatakan...

    @Alris: salam... aduh mas.. kow kayaknya ditulisan saya yang ini terlihat begitu kekanakan ya?? saya kan udah pernah bekerja.. tapi bukan 'sisi' yg itu yang ingin saya sampaikan disini.. :( huhu

    Said Arsyad mengatakan...

    biasanya kalo sharing2 kaya gitu sering menimbulkan cekcok dala perdebatan. untuk itu harus ada yang mengalah. agar tidak terjadi hal2 yang arogan, seperti anggota DPR..

    AJe mengatakan...

    nitip komen singkat

    [L]ain mengatakan...

    gua malah nggak suka dikasih tugas yang berkelompok. Ribet. Mending kerja sendiri. Cepet beres. Nggak banyak cingcong dan nggak saling curiga 'ni orang doyan ngatur amat'

    Dokter Gigi Gaul mengatakan...

    gag ada istilahnya presentaSHIT! Kecuali kita yang menjadikannya!
    Semua harus bisa diatasi. Gimana? Banyak Berdoa *abaikan*
    *ulsng*Gimana? Kita yang jadi Penentu Arah! Gag peduli kita anggota atau ketua, tapi kita yang nyebar aur positif buat bikin semua presentasi jadi presentaSWEET

    Salam Suffer! [Menderita]..

    annisarawrr mengatakan...

    yg malesnya lagi kalo berkelompok tuh ada yg aktif ada yg pasif. Yg aktif sibuk mikir n koar2 eh yg pasif sibuk NGEGOSIP de el el. Mirisnya, antara yg aktif ma pasif NILAINYA SAMA =,=

    iam mengatakan...

    Iya, kalau anggota kelompoknya dipilihan itu gak enak. Tapi kalau milih sendiri sih saya gak masalah :D :D

    Andy mengatakan...

    W juga mending kerjain sendiri kalau ada tugas dulu soalnya banyak otak bukan bikin bagus tugas malah jadi bingung nuangin itu semua kedalam 1 ide

    Faril mengatakan...

    emang ada enaknya dan pahitnya kalo bikin tugas berkelompok..
    enaknya tugas cepet kelar (kalo kelompokny bisa diajak kerja smua), kita punya banyak pengalaman ngadepin berbagai karakter orang sehingga berdampak pada pola pikir kita saat kerja nanti (menghadapi teman satu tim dan klien)..
    nggak enaknya ya kita mesti beradaptasi n nyusun taktik biar temen sekelompok bisa kerja semua..apalagi kalo beda pendapat...lebih parah kalo emang beda pemikiran..bisa lama banget buat nyatuin konsep berpikir dan barulah bisa dimulai KERJASAMAnya..

    btw, smoga bisa menjadi seorang pemimpin dalam kelompok...

    Asop mengatakan...

    Hahahaha saya suka judul posting-an ini. :)

    Menurut saya, presentasi itu mudah, SELAMA kita paham benar apa yang kita presentasikan atau yang jadi bagian kita (kalo berkelompok). :)

    Saiaenno mengatakan...

    @4all: makasii ya atas partisipasinya.. hohoho tugas kelompok tu emang tergantung kitanya.. bisa asik bisa juga ga asik.. yang penting berusaha jalanin dengan baik dulu ya kan?? hahaha -__- *tetep males*

    Feby Oktarista Andriawan mengatakan...

    Hah! 1 kelas 100 orang! Parah. Gue jg paling males kerja kelompok. Soalnya gue ketahuan bgt gak bisa ngapa2in.. huaaa

    NuellubiS mengatakan...

    kalo gw malah lebih suka dipilihin dosen kalo tiap ada tugas kelompok. soalnya biasanya gw selalu punya masalah sama tugas kelompok di awal2nya... maklum gw orangnya pasif. :p

    eh kalo soal ribet ngumpulnya, gw ngantisipasinya dengan cara bagi2 tugas nyari data dengan saling kontek via email. biasanya sih temen2 gw sering gw minta kirim aja bahan2nya ke emailnya gw nanti biar gw yang ngolah.

    soalnya kalo disuruh ngumpul, susah juga kak. masing2 pasti sibuk ama kesibukannya masing2. mau disuruh ngumpul di hari libur, gak enak juga. itu hari bebasnya mereka. :D

    jadi yah solusinya yah email itu. heheehe....

    catatannyasulung mengatakan...

    gua paling suka kerja kelompok.
    habis kalau lagi jenuh, bisa dinyambi ngegosip. hihi
    kalau sendirian kan g bisa :D

    Ayu Abdillah mengatakan...

    saya sih 50:50 kalo berkelompok. Ada senangnya n ada nggaknya juga. Kenapa? Senangnya, beberapa kepala bisa bantu mikir dan nggaknya, kadang di dalam kelompok itu, suka ada aja yang rese mah :D

    pri crimbun mengatakan...

    is belum update ternyata :)

    3sna mengatakan...

    hehehe... terima nasib aja... dulu saya jg males kalo berkelompol... bukannya individualis.. tapi emang juntrungannya jadi saya yang ngerjain... maklum kaum minoritas... keseringan terhimpit :P wkwkwkwk...

    yang sabar ya... moga2 nilainya bagus... biar gak jadi kalong :P wkwkwk...

    21inchs mengatakan...

    saya juga suka individual krn saya introvert.
    eh caranya upload gambar ke blog gimana siy...

    ip-ip mengatakan...

    wkwkwk.. mantap.. 1 kelas 100 orang.. mana efektif tu perkuliahan. tempatku aja cuma 40 maksimal..heem..

    heem,,banyak hal yang sebenarnya bagus dalam kerja kelompok. ini juga akan mempermudah kita kalo besok kerja.. kerja dengan orang2 baru dan tidak dikenal.. sulit rasanya bila nggak suka kerja kelompok..hehe

    semangat mbaknya.. ambil manfaatnya aja.. :)

    Saiaenno mengatakan...

    jiaaah... ternyata byk yg ngalamin kejadian serupa yua...


    semangat guys... ^^

    Eks mengatakan...

    benul, eh betul. yang penting kerjasamanya.

    rusydi hikmawan mengatakan...

    saya paling seneng kalo ada presentasi, apalgi berkelompok. jadi lebih semangaet gituh

    nurlailazahra mengatakan...

    saya seneng2 aja tuh kalo tugas kelompok, krn bisa melatih diri untuk mandiri, itu pun kalo gak bergantung ama anggota kelompok yg laen ya :D

    salam kenal dan izin follow yah :)

    Saiaenno mengatakan...

    iya siih.. hehehe

    udah semangat aja.. ^^

    Feby Oktarista Andriawan mengatakan...

    Sabar bu', kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.. :)

    Thanks for like this :)