Laman

Sabtu, 08 Oktober 2011

Saat 5S Meracuni Gue

Ada yang tau 5S?? 
yang pernah kerja di Perusahaan harusnya sih tau..
nih gue kutip dari blognya Kang Arul

Sebenarnya 5S itu adalah singkatan dari lima kata yang dimulai dari bahasa Jepang. 5S ini dikembangkan di Jepang, yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke.
Seiri atau Tidiness 
Artinya, setiap kita harus menjaga kerapihan, utamanya di tempat kerja. Singkirkan sampah, barang-barang, dan material yang tidak berhubungan dengan pekerjaan dari meja kerja.
Seiton atau Orderliness 
Artinya, keteraturan. Setiap kita dituntut untuk mengatur segalanya berada di tempat yang tepat dan sesuai. Sehingga, misalnya, ketika membutuhkan sebuah filet kita jadi tidak kebingungan mencarinya.
Seiso atau Cleanliness 
Artinya, kebersihan. Tempat kerja yang nyaman tentunya adalah tempat kerja yang bersih. Dengan demikian, meja kerja dan lingkungan yang bersih membuat hati nyaman bekerja sekaligus menjaga kesehatan. 
Seiketsu atau Standardization
Artinya, semua kebersihan dan keteraturan haruslah memiliki standar. Pembersihan yang terstandar. Berupa penjelasan mengenai batas ukuran kebersihan dan bagaimana cara mempertahankannya. Sehingga dapat menjadi patokan bagi pegawai dan kadar kebersihan yang diinginkan. 
Shitsuke  atau Discipline 
Diperlukan kedisiplinan dalam menjaga kebersihan, merapikan segalanya, dan
keteraturan. Lakukan setiap waktu sehingga secara sadar atau tidak siapapun akan meninggalkan hal buruk.
Berhubung waktu gue jadi Leader tiaphari harus bacain ntu Pedoman 5S akhirnya kata-kata yang tertera didalamnya jadi seperti mendarah daging di dalam diri gue.. dan inilah akibatnya :

Photobucket
MEJA RIAS

Photobucket
beri tanda pengenal/ identifikasi di tiap-tiap wadah agar kamu lebih teratur ketika menyimpan barang sehingga mudah dicari :)



Photobucket

Photobucket
LEMARI

Photobucket

Photobucket
LACI KECIL
NGGA ADA SALAHNYA LOH MENERAPKAN 5S DIRUMAH BAHKAN DI KAMARMU SENDIRI... :D

SELAMAT MENCOBA :)

13 komentar:

[L]ain mengatakan...

widih gaya ya lu bisa kaya gitu. Gua mah masih suka males-malesan =3=

Yus Yulianto mengatakan...

wah, saya mah ngga bisa rapih kayak gitu.

John Terro mengatakan...

kalau cewek mah emang harus rapi
kalo cowok? emang harus berantakan :P

iam mengatakan...

Wahaha akibat 5S. Tapi bagus juga sih efeknya :D

Ardhito Dharma mengatakan...

bener-bener beda yah cewek ama cowok -____-

Andika Putri mengatakan...

aduhh, saya kalah deh mbak
hehehe, jadi malu :">

BagiBagiBlog mengatakan...

Woww... Rapi BGT tuh Mbak!!!
Kalo Ayas bisa Rapi gitu harus pakek Niat,, ada Moodz..ada Cewek Gue...dipaksa ama ORTU..baru deh Berees2!!
Kalo gak gitu,,, yaa kayak kapal pecah deh!!!
Hwaahaaa... Ayas SALUT ma Mbak!!

Andaka Pramadya mengatakan...

wew ada foto kancut beneran ga sih? sensor qaqa :3

btw ini menginspirasi :D)

Saiaenno mengatakan...

@4 all: hahahha emang beda cewe ma cowo.. tapi kalo rapih kan apasalahnya gitu.. hhahahai

ps: andika jeli amat matanya.. :P

Baby Dija mengatakan...

wuuuah....
Tante Enno meja riasnya jadi rapi banget deh

Saiaenno mengatakan...

@baby Dija : makasiih cantiik.. ^^
nanti kalo kamu sudah besar di praktekin ya sayang.. ^_^ *gemes*

Inggit Inggit Semut mengatakan...

haduh mbak enno rapih banget yah jadinya. btw yg di kotak susun isinya apa mbak? keliatannya penuh banget. jepi jepit gitu kah mabk?

Saiaenno mengatakan...

@inggit: isinya bros ama pin buat pake kudung.. ^^ ahay :)

Thanks for like this :)